Media sosial
Media sosial adalah sebuah media online,
dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi meliputi blog, jejaring
sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan
dan Michael Haenlein
mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis
internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
Klasifikasi media sosial
Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk
termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki,
podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan
menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran
sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure)
Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media
sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut
Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial[2]:
Proyek Kolaborasi
Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah,
menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
Blog dan microblog
User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di
blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter
Konten
para user dari pengguna website ini saling
meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain –
lain. contohnya youtube
Situs jejaring sosial
Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat
terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan
orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. contoh facebook
Virtual game world
Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan
3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta
berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game
online.
Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa
hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan
yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah
kehidupan, contohnya second life.
Ciri - ciri media sosial
Media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai
berikut [3] :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Perkembangan media sosial
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri
sebagai berikut [4] :
- 1978 Awal dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem
- 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
- 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
- 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
- 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
- 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
- 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
- 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
- 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
- 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
- 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
1. Secret
Secret adalah platform bagi user untuk
berbagi apa yang mereka rasakan dan pikirkan secara anonimus alias tidak
diketahui oleh orang lain. Semua rahasia yang dibagikan dalam aplikasi ini
bersumber dari teman Facebook anda atau orang yang anda di kontak anda, tanpa
anda tahu siapa mereka. Cocok sekali untuk orang yang ingin berbagi rahasia
tetapi tidak ingin diketahui oleh orang lain.
Curhat dalam mode incognito.
2. Shots
Shots adalah aplikasi mobile bagi orang-orang
yang suka melakukan selfie. Jika anda termasuk orang-orang ini, itu
berarti aplikasi ini harus anda coba install. Anda bisa berbagi foto selfie
ke teman-teman anda.
Let me take a selfie!
Aplikasi ini hanya tersedia di iOS. Versi Android akan segera
menyusul.
3. Snapchat
Siapa yang tidak tahu ketenaran Snapchat di
kalangan anak muda zaman sekarang? Snapchat adalah aplikasi berbagi foto dan
video ke orang lain. Uniknya, anda bisa menetapkan batas waktu untuk berapa
lamanya foto dan video ini bisa dilihat oleh teman atau siapapun orang yang
melihat foto dan video yang anda share dalam aplikasi ini sebelum
foto/video tersebut menghilang.
Sebagai contoh, jika anda menetapkan waktu selama
5 detik, maka foto dan video yang anda share ini akan menghilang setelah
5 detik dilihat oleh orang lain. Bagaimana? Seru bukan?
FYI, Instagram juga ingin menyaingi Snapchat
dengan merilis fitur Direct Message yang sudah bisa anda gunakan sejak beberapa
bulan yang lalu.
4. Wechat
Sama seperti pesaingnya seperti LINE dan
Kakaotalk, Wechat adalah aplikasi untuk berkirim pesan dalam bentuk teks maupun
suara. Selain itu anda juga bisa melakukan panggilan gratis ke sesama teman
Wechat anda menggunakan koneksi internet. Tidak hanya itu, anda juga bisa
berbagi foto dan video, membuat grup chatting bersama teman-teman anda
dan menemukan orang yang juga menggunakan Wechat yang ada di dekat anda.
5. We Heart It
Sesuai dengan nama aplikasi mobile ini, We Heart
It adalah platform bagi anda yang ingin menemukan gambar-gambar yang
mengagumkan, pemandangan yang indah, quote yang menginspirasi, fashion,
dan gambar-gambar bernilai artistik yang tinggi lainnya. Anda jugabisa
menyimpan gambar favorit anda dan menjadikannya wallpaper di smartphone
anda. User bisa memberikan “heart” pada foto kesukaan mereka dan men-tag teman
mereka di foto.
6. Tinder
Tahun 2014 masih jomblo? Gak punya pacar? Mungkin
Tinder bisa membantu anda untuk menemukan pasangan yang cocok dengan anda.
Bagaimana caranya? Tinder akan menampilkan foto dan informasi dasar dari akun
Facebook anda dalam aplikasi Tinder. User bisa memilih “yes” atau “no” ketika
ada orang yang menarik berada di dekat anda. Jika mereka sama-sama tertarik, user
bisa saling chatting dalam aplikasi ini. Simple ya!
7. Medium
Medium adalah platform microblogging
dimana anda bisa menulis cerita mengenai pengalaman anda sendiri dan pendapat
pribadi anda terhadap suatu topic tertentu yang lagi hangat diperbicangkan oleh
orang lain. User bisa merekomendasikan artikel/cerita yang mana saja yang layak
dibaca ke teman anda. Lalu, anda bisa mengkurasi cerita yang menjadi favorit
anda.
8. Vine
Vine adalah layanan berbagi video selama enam
detik. Selama enam detik, anda bisa merekam video apa saja mengenai tingkah
laku anda, video kucing yang lucu, atau bahkan iklan produk terbaru dari
perusahaan anda. Jadi, tidak jarang anda akan melihat video-video kreatif,
konyol, dan membuat perut anda terguncang karena melihat video yang sangat
lucu.
9. Bubblews
Bubblews adalah website dimana anda bisa
menciptakan tulisan (atau “bubble”), mem-follow teman, me-like, dan
berkomentar pada bubble orang lain. Berbeda dengan jejaring sosial
lainnya karena perusahaan ini akan membayar user yang bisa menarik
perhatian advertiser dan membawa traffic. Bubblews saat ini hanya
tersedia melalui website.
10.Whisper
Kurang lebih Whisper adalah aplikasi sosial media
yang sama dengan Secret dimana anda bisa berbagi rahasia secara anonym dan
mengirim pesan langsung ke orang lain untuk meminta pendapat tanpa orang itu
tahu siapa diri anda sebenarnya.
Peran dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses
oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial
menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan
merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media
sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat
bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan
iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan
media konvensional, antara lain :
- Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan
keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan
media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun
dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
- Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi
untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan
mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan
pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan
hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
- Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau secara global
tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media
sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari
lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda
untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan
pesan ke lebih banyak pengguna.
- Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan
dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas
promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang
lama.
Fungsi Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita
harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
- Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam
jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang.
Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua
karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan
integrasi konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk
menemukan dimana pasar anda.
- Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang
pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
- Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap
didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi
sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
- Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting
untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang
anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
Sumber :
http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
http://startupbisnis.com/bosen-dengan-sosial-media-yang-begitu-begitu-saja-segera-coba-10-sosial-media-terbaru-berikut-ini/
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar